Sistem Informasi Pengelolaan DAS

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau

PENCANANGAN MODEL HUTAN SERBAGUNA TAHUN 2018


Admin   9 Januari 2019   Artikel   118 kali dilihat

Pada tanggal 16 Desember 2018, BPDASHL Mahakam Berau melaksanakan pencanangan model hutan serbaguna di hutan pendidikan Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Mulawarman (Unmul),  yang terletak di Jalan Poros Samarinda-Bontang. Pada lokasi kegiatan  tersebut,  ditanami pohon endemik khas Kalimantan berupa kayu-kayuan dan buah-buahan.  Kepala BPDASHL Mahakam Berau, Ir. Sudaryanto, MSi, menjelaskan bahwa hutan serbaguna ini dibuat sebagai contoh agar masyarakat bisa meniru, serta dijadikan tempat untuk belajar, meneliti dan mengembangan ilmu pengetahuan, terutama bagi mahasiswa. Intinya, pencanangan model hutan serbaguna ini sebagai suatu proses pemulihan ekosistem hutan.  Diperkirakan dalam sepuluh tahun ke depan, flora dan fauna akan kembali seperti semula bila dilakukan penamanan pohon dan buah-buahan endemik asli Kalimantan sejak sekarang.  Dalam acara ini, BPDASHL Mahakam Berau juga menyiapkan bibit gratis kepada masyarakat, yang berasal dari Persemaian Permanen  KM .47 Jalan Poros Samarinda-Balikpapan, dimana pada setiap tahunnya diproduksi  satu juta bibit pohon berupa bibit buah-buahan dan kayu-kayuan.

Sementara itu, Dekan Fahutan Unmul, Dr. Rudianto Amirta, S.Hut, MP mengatakan bahwa peran serta BPDASHL Mahakam Berau melalui pendanaan dan kerja sama teknis sangat membantu Fahutan Unmul dalam hal menjaga ekosistem hutan. Beliau menyebut bahwa inilah satu-satunya kawasan hutan yang tersisa di Samarinda yang dari waktu ke waktu terus tertekan oleh kegiatan pertambangan dan pertanian masyarakat. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa sebagai pihak yang dipercaya oleh pemerintah, Fahutan Unmul membuka ruang seluas-luasnya dengan mitra untuk turut mengelola hutan ini agar bisa menjadi sarana belajar yang efektif buat masyarakat. Dengan adanya hutan serbaguna seluas 10 ha ini diharapkan dapat menjadi langkah awal mewujudkan kebun raya yang sebagaimana mestinya untuk sarana belajar, mengoleksi, meneliti dan lain-lain.
Fahutan Unmul sangat berterima kasih atas kepedulian dan kerja sama dari BPDASHL Mahakam Berau yang telah menyediakan pembibitan dan pembiayaan penanaman pada area  ini. Harapan ke depannya akan ada pihak lain yang punya kepedulian yang sama untuk melestarikan hutan. Hutan ini bukan hanya milik sekelompok orang melainkan milik semua pihak, oleh karena itu dari waktu ke waktu harus terus di jaga dan bisa dijadikan sebagai bagian dari pembangunan masa depan.