Sistem Informasi Pengelolaan DAS

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau

Pertemuan Reguler Forum DAS Kaltim: Nasionalisme dalam Pengelolaan DAS


Admin   22 Agustus 2017   Artikel   94 kali dilihat

 

Pada Hari Kamis, tanggal 17 Agustus 2017 lalu, Forum DAS Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan Pertemuan Reguler yang dikemas dalam bentuk kegiatan Jelajah Sungai Mahakam dengan tema “Nasionalisme dalam Pengelolaan DAS.” Kegiatan yang berlangsung di atas Kapal Wisata "Pesut Kita" dirangkai dengan agenda Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Pengamatan Sungai Mahakam, dan Diskusi tentang Pengelolaan DAS. Tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan silaturahim antar pengurus Forum DAS Kaltim dengan para pemangku kepentingan, sekaligus untuk menggali saran dan masukan terkait program/kegiatan pengelolaan DAS.

Pertemuan Reguler Forum DAS Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2017 ini dibuka oleh Kepala Balai Pengelolaan DAS dan HutanLindung Mahakam Berau, Ir. Aris Sutjipto, M.M. Dalam sambutannya, Kepala Balai mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Forum DAS Kaltim atas usaha-usaha dan inovasi yang dilakukan selama ini dalam pengelolaan DAS lintas sektor. Bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Kepala Balai mengajak seluruh peserta yang berasal dari berbagai instansi/lembaga yang hadir untuk selalu mengedepankan idealisme dan semangat patriotisme dalam bekerja, khususnya dalam pengelolaan DAS yang memerlukan KISS (Koordinasi, Integrasi, Sinkronisasi, dan Sinergisitas) antar pemangku kepentingan terkait.

Tepat pada pukul 10.00 WITA, secara sederhana namun khidmat, seluruh peserta bergerak ke lantai dua kapal untuk melaksanakan upacara bendera di atas kapal. Meskipun saat itu kondisi cuaca sedang diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat para peserta untuk bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan menyaksikan bendera Merah Putih berkibar di kapal yang melintas di atas Sungai Mahakam.

Dengan rute Samarinda – Tenggarong (PP), pertemuan yang melibatkan kalangan pemerintah, akademisi, LSM/NGO, dan pengusaha tersebut ditutup dengan agenda diskusi pengelolaan DAS, khususnya DAS Mahakam. *(dsh)