Sistem Informasi Pengelolaan DAS

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau

FINALISASI PENYUSUNAN RENCANA PENGELOLAAN DANAU KASKADE MAHAKAM


Admin   9 Januari 2019   Berita BPDASHL Mahakam Berau   169 kali dilihat

BPDASHL Mahakam Berau bersama para pihak terkait telah menyusun Rencana Pengelolaan Danau Terpadu Kaskade Mahakam pada tahun 2018 ini. Rencana pengelolaan ini disusun sebagai implementasi Rencana Aksi Penyelamatan Danau Prioritas seperti yang tertuang dalam RPJMN Tahun 2015-2019 dimana disebutkan bahwa salah satu Sasaran Utama Ketahanan Air adalah “Pengelolaan Kualitas Air Danau dengan Indikator Membaiknya Kualitas Air di 15 Danau”. Rencana Pengelolaan ini disusun sebagai dasar “Pengelolaan Danau terpadu di 15 Danau Prioritas Nasional”. Danau Kaskade Mahakam masuk dalam 15 Danau Prioritas Nasional, yang terletak di bagian tengah Daerah Aliran Sungai Mahakam (DAS Mahakam). Danau Kaskade Mahakam terdiri dari 3 (tiga) danau besar yaitu Danau Jempang (15.000 Ha), Danau Semayang (13.000 Ha), Danau Melintang (11.000 Ha) dan danau-danau kecil lainnya seperti Danau Prian, Danau Tempatung, Danau Wis, dan lainnya.

Dalam rapat pembahasan finalisasi Penyusunan Rencana Pengelolaan Danau Kaskade Mahakam yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2018, bertempat di Hotel Selyca Mulia Samarinda, Asisten III SETDA Provinsi Kalimantan Timur Drs. H. Bere Ali menyatakan bahwa rapat finalisasi ini diharapkan mampu memunculkan komitmen bagi kita selaku unsur Pemerintah yang berperan dalam pengelolaan danau bersama dengan perwakilan masyarakat, pelaku dunia usaha, dan NGO untuk lebih peduli dalam menjaga peran dan fungsi danau, lebih peduli terhadap makhluk hidup di sekitar danau, dan lebih aktif dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pentingnya pengelolaan danau tersebut.

Kawasan Danau Kaskade Mahakam ini merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem aliran Sungai Mahakam, merupakan kawasan danau paparan banjir yang berperan sebagai kawasan retensi banjir Sungai Mahakam. Disamping itu menurut Tim Pakar Penyusunan Rencana Pengelolaan Danau Kaskade Mahakam Dr. Mislan, M.Si, faktor finansial Danau Kaskade Mahakam selain sebagai ekowisata Pesut Mahakam juga dapat menghasilkan income yang tinggi bagi masyarakat di sekitar danau sebagai penghasil ikan asin dengan pasokan utama untuk daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta. Sehubungan dengan hal tersebut perlu aksi nyata dalam pengelolaan Danau Kaskade Mahakam, dimana kegiatan pengelolaannya pun harus disinkronkan baik antar pihak instansi pemerintah, pelaku dunia usaha, NGO, maupun masyarakat sehingga dalam pelaksanaan pengelolaannya kelak memiliki payung hukum yang jelas.