Sistem Informasi Pengelolaan DAS

Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau

Rakor Perencanaan RHL Tahun 2016


Admin   25 Mei 2016   Berita BPDASHL Mahakam Berau   892 kali dilihat

               Rapat Koordinasi Perencanaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di wilayah kerja BPDASHL Mahakam Berau dilaksanakan di Hotel Selyca Mulia, Samarinda pada tanggal 18-20 Mei 2016.  Acara ini merupakan agenda tahunan BPDASHL Mahakam Berau, untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi melibatkan seluruh Dinas terkait dan Satuan Kerja Penyelenggara Rehabilitasi Hutan dan Lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dalam kerangka pembahasan rencana kegiatan/program BPDASHL Mahakam Berau di Tahun 2016. Rapat koordinasi ini dilakukan guna menghimpun komitmen para pihak dalam mewujudkan pemenuhan target pemerintah untuk melakukan rehabilitasi lahan kritis seluas 5,5 juta ha sampai dengan Tahun 2019. Luas lahan kritis dalam dan luar kawasan hutan di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada Tahun 2013 lalu tercatat seluas 9,8 juta ha, dimana laju degradasi dan deforestasi yang terjadi tidak sebanding dengan laju Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Kondisi tersebut tentunya merupakan tugas yang cukup berat bagi para pihak terkait untuk bersama-sama menentukan alternatif program dan kegiatan guna mengatasi ketidakseimbangan tersebut. Rapat koordinasi ini sejalan dengan kebijakan Green Growth Compact Pemerintah Kalimantan Timur yang akan dilaunching secara resmi pada tanggal 29 Mei 2016, dimana inti dari kebijakan Green Growth Compact ini adalah untuk menghimpun komitmen bersama para pihak dalam mendukung pertumbuhan hijau termasuk Green Kaltim.

                Rapat koordinasi ini dibuka oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Timur Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Dr. Ir. Budi Pranowo, MM. Materi yang dibahas dalam rapat ini adalah:

  1. Rencana Pembangunan Areal Sumber Daya Genetik (ASDG) Bintangur seluas 5 ha di KHDTK Balitek Samboja, dengan narasumber: Ir. Toni Kartiman, MP (Kasubdit PSDBG Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan Ditjen PDASHL); Dr. Budi Leksono (Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan, Yogyakarta); Prof. Dr. Ir. Marlon Ivanhoe Aipassa, M.Agr (Staf Ahli Gubernur Kalimantan Timur Bidang SDA, Pertanian, dan Lingkungan Hidup); dan Dr. Ir. Budi Pranowo, MM (Staf Ahli Gubernur Kalimantan Timur Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan).
  2. Rincian Kegiatan RHL sumber dana DIPA 029 BPDASHL Mahakam Berau Tahun 2016, dengan narasumber: Dr. Ir. M. Zainal Arifin, S.Hut, M.Si (Kepala BPDASHL Mahakam Berau).
  3. Sosialisasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.39/Menlhk/Setjen/Kum.1/4/2016, dengan narasumber: Dr. Ir. M. Zainal Arifin, S.Hut, M.Si (Kepala BPDASHL Mahakam Berau).
  4. Pertanggungjawaban Keuangan APBN, dengan narasumber: Pudji Ardi S. Achmadi (Kepala KPPN Samarinda).
  5. Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Hasil Tanaman RHL Tahun 2015, dari Kepala BPDASHL Mahakam Berau kepada Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota terkait dan Taman Nasional Kutai.

                Rapat koordinasi ini dihadiri oleh ±40 (empat puluh) peserta. Dalam rapat ini Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, Ir. H. Wahyu Widhi Heranata, MP, berkenan memberikan sambutan dan arahan terkait peningkatan sinergisitas antara SKPD/UPTD Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur dengan UPT Kementerian LHK.